Contoh Teks Eksplanasi - Gempa Palu

GEMPA PALU



PERNYATAAN UMUM

Gempa besar pernah melanda kota Palu pada 28 September 2018, pukul 18.02 WITA. Pusat gempa berada di 26 km utara Donggala dan 80 km barat laut kota Palu dengan kedalaman 10 km. Guncangan gempa bumi ini dirasakan di Kabupaten Donggala, Kota Palu, Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Mamuju, bahkan hingga Kota Samarinda, Kota Balikpapan, dan Makassar.


PENJELASAN UMUM

Gempa tersebut memicu gelombang laut setinggi 5 meter di Kota Palu. Kekuatan gempa di bulan September 2018 tersebut mencapai 6.0 skalarichter. Akibat gempa tersebut, setidaknya sebanyak 2.045 orang meninggal dunia, 632 orang luka-luka, 5.000 orang hilang, 16.732 penduduk mengungsi, dan 66.390 rumah hancur. Pusat gempa berada di darat, yaitu sekitar Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala. Di Makassar, getaran sempat dirasakan beberapa detik. Di Palopo, Sulawesi Selatan, guncangan terasa cukup besar hingga membuat warga meninggalkan rumah. Sementara di Balikpapan, guncangan gempa juga dirasakan di rusunawa dan hotel. Secara umum, gempa dirasakan berintensitas kuat selama 2-10 detik. Selain mengakibatkan kerusakan dan korban jiwa, gempa bumi ini juga mengakibatkan gejala likuefaksi beberapa saat setelah puncak gempa terjadi. Likuefaksi atau pencairan tanah ini memakan banyak korban jiwa dan material. Dua tempat yang paling parah mengalami bencana ini adalah Kelurahan Petobo dan Perumnas Balaroa di Kota Palu.


INTERPRESTASI

Gempa bumi dan tsunami Palu juga turut dirasakan oleh daerah sekitarnya, seperti Kabupaten Donggala, Kota Samarinada, dan Kota Balikpapan. Selain menewaskan ribuan orang, gempa bumi dan tsunami Palu ini juga mengakibatkan gejala likuefaksi atau pencairan tanah.

0 Post a Comment:

Posting Komentar