Teks Argumentasi - Tindakan Perundungan Yang Harus Mendapat Tindakan Tegas

Tindakan Perundungan Yang Harus Mendapat Tindakan Tegas


Oleh :

Kelompok 1 - Kelas XI I

10 - Athaya Thaniya, 21 - Luna Meila, 32 - Rifqy Ardian, 35 - Yasir Adani



Perundungan/Bullying merupakan tindakan menyakiti seseorang atau sekelompok orang baik secara verbal, fisik, maupun psikologis sehingga korban merasa tertekan, trauma dan tidak berdaya. Pelaku perundungan/bully bisa dilakukan oleh seseorang maupun sekelompok orang. Biasanya, perundung mempersepsikan dirinya memiliki power (kekuasaan) dan korban mempersepsikan dirinya sebagai orang yang lemah, tidak mampu melawan dan selalu merasa terancam.


Senioritas adalah keadaan yang lebih tinggi dalam pangkat, pengalaman, dan usia. Di dalam dunia sekolah, senioritas sering dilakukan oleh murid yang tingkat kelas-nya lebih tinggi (senior) kepada para murid yang tingkat kelas-nya lebih rendah (junior) dengan cara menekan para junior tersebut sesuai keinginannya.


Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab terjadinya senioritas. Senior melakukan hal semena-mena kepada juniornya berdalih dengan "penguatan mental dan melatih kedisiplinan" padahal untuk melatih mental, tidak bisa disamaratakan setiap individu.


Akibatnya, dapat membuat mental seseorang menjadi rusak dan menimbulkan trauma. Selain itu, hal ini dapat terjadi karena ada faktor turun-temurun, perpeloncoan dan kekerasan dari seorang senior dapat melahirkan rasa dendam. Rasa dendam tersebut akan dilampiaskan kepada juniornya kelak kalau sudah menjadi seorang senior. Dan hal ini akan terus-menerus berulang dan akan menjadi sebuah tradisi yang tidak diperlukan.


Banyak hal negatif yang ditimbulkan dari senioritas. Tindak perundungan ini harus diberi sanksi tegas oleh lembaga pendidikan yang terkait, diharapkan dengan sanksi tersebut dapat membuat jera pelaku dan dapat menghentikan tradisi senioritas.

0 Post a Comment:

Posting Komentar