Teks Argumentasi - SOSIALISASI TERKAIT MAKANAN SEHAT DAN TERJANGKAU

SOSIALISASI TERKAIT MAKANAN SEHAT DAN TERJANGKAU

Oleh :

Kelompok 8 - Kelas XI K

09 - Diana Ayu Windrasari
15 - Jeeva Raycandra
22 - Muthia Natasya Amalia
25 - Raiya Berlian Anda



Makanan bergizi ialah makanan yang seimbang seperti prosedur 4 sehat 5 sempurna. Menurut WHO (World Health Organization) Makanan merupakan kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh manusia setia dan memerlukan pengelolaan yang baik dan benar agar makanan yang dikonsumsi dapat bermanfaat bagi tubuh. Menurut kami makanan bergizi sangatlah penting bagi kehidupan manusia, karena makanan sehat berfungsi untuk mencukupi kebutuhan energi pada tubuh.


Pada masyarakat Indonesia kesadaran mengonsumsi makanan sehat sangat cenderung berkurang. Padahal makanan sehat di Indonesia sudah sangat banyak macamnya namun karena adanya pola hidup westernisasi. Makanan sehat tersebut justru tidak menjadi makanan sehat lagi contohnya salad buah dengan campuran mayones, keju, susu kental manis. Pada awalnya salad buah itu cuma potongan buah- buahan dengan perasan air lemon namun warga Indonesia memodifikasi potongan buah-buahan tersebut dicampurkan dengan bahan-bahan yang mengandung banyak lemak. Banyak warga indonesia ingin berpola hidup dengan makanan sehat, namun menjadi tidak baik karena memodifikasi makanan tersebut dengan komposisi yang salah sehingga makanan tersebut menjadi tidak sehat.


Dapat kita ketahui bahwa contoh makanan sehat itu seperti buah-buahan, sayur-sayuran, daging, ayam, dan lainnya. Menurut kita makanan yang sehat dan sangat bagus dikonsumsi makanan yang dapat mencukupi kebutuhan tubuh kita dan memiliki gizi yang baik dan seimbang seperti karbohidrat, protein, vitamin serta tidak mengandung zat-zat berbahaya. Sehingga makanan-makanan sehat tersebut dapat menjaga ketahanan tubuh kita dan tidak mudah terserang penyakit.


Menurut pengamatan sehari hari, dapat dikatakan bahwa harga makanan sehat sangatlah terjangkau dan tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam. Makanan yang sehat bukan diukur dari mahalnya harga, melainkan dengan kandungan yang berbeda didalamnya. Contohnya seperti sayur asem, sayur bayam, sayur sop, tempe, tahu dan lain lain. Data (Riskesdas, 2013) menyebutkan sebanyak 93,5% penduduk usia > 10 tahun mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan di bawah anjuran. Padahal, konsumsi sayuran dan buah-buahan merupakan salah satu bagian penting dalam mewujudkan Gizi Seimbang.


Dengan demikian masyarakat indonesia dapat menyadari bahwa makanan sehat tidak harus dengan bahan-bahan yang mahal. Kita dapat mendapatkan makanan sehat dan enak dengan harga Rp3.000- Rp5.000 saja di warung terdekat. Untuk buah dan sayur kita hanya perlu mencuci dan langsung makan saja dengan tambahan saus yang tidak berlemak seperti air lemon. Untuk protein hewani, bisa dengan direbus lalu diberi bumbu garam dan lada secukupnya saja.

0 Post a Comment:

Posting Komentar