Teks Argumentasi - Sosialisasi Terkait Makanan Sehat dan Terjangkau

Sosialisasi Terkait Makanan Sehat dan Terjangkau


Kelompok 7 - Kelas XI G

08 - Dwiki Saputra H

18 - Keiko Donio D.G

23 - Nailah Helmi A

26 - Nova Adila S


Makanan yang sehat adalah makanan yang mengandung berbagai macam nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh. Ketika tubuh sehat kita akan memiliki sistem imun yang kuat sehingga kebal terhadap berbagai macam penyakit. Tubuh manusia membutuhkan bermacam nutrisi untuk menjaga tubuh tetap sehat dan pertumbuhan yang dapat berjalan dengan optimal. Tidak harus makanan yang memiliki gizi tinggi pasti harganya mahal justru ada banyak bahan makanan yang memiliki harga yang murah dan mudah di dapat namun memiliki kandungan gizi yang tidak kalah dengan makanan mahal tetapi tetap sehat untuk tubuh.

Makanan tidak sehat adalah berbagai jenis atau bahan makanan yang mengandung gizi tidak seimbang. Jenis makanan ini tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Umumnya, makanan tidak sehat hanya mengandung sedikit zat dan sedikit serat yang dibutuhkan untuk perkembangan tubuh. Kandungan yang ada dalam jenis makanan ini juga bisa berbahaya. Apabila dikonsumsi secara berlebihan makan tidak sehat akan menimbulkan berbagai dampak negatif. Kebiasaan mengonsumsi makanan yang kurang sehat bisa meningkatkan risiko timbulnya penyakit, menghambat perkembangan tubuh, mengurangi kecerdasan otak, mengurangi fungsi gerak anggota badan, bahkan dapat menimbulkan kematian. Makanan cepat saji dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit, seperti obesitas, diabetes, hipertensi, dan gangguan lemak darah atau dislipidemia. Selain itu, makanan cepat saji dalam waktu yang lama juga akan mempengaruhi kesehatan gigi.


Ada juga jenis atau bahan makanan yang mengandung gizi tidak seimbang. Jenis makanan ini tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Mungkin banyak yang lebih memilih makanan cepat saji atau makanan yang tidak sehat. Umumnya, makanan tidak sehat hanya mengandung sedikit zat dan sedikit serat yang dibutuhkan untuk perkembangan tubuh. Kandungan yang ada dalam jenis makanan ini juga bisa berbahaya. Menurut saya lebih baik kita tidak terlalu sering membeli atau memakan makanan yang tidak sehat. Apabila dikonsumsi secara berlebihan makan tidak sehat akan menimbulkan berbagai dampak negatif. Kebiasaan itu dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit, seperti obesitas, diabetes, hipertensi, dan gangguan lemak darah atau dislipidemia.


Seperti contohnya obesitas terjadi karena kalori yang masuk lebih banyak yang mengakibatkan lemak tubuh berlebihan. Dapat terjadi diabetes karena, terlalu banyak kadar gula dalam darah. Hipertensi terjadi karena, tekanan darah terhadap dinding arteri terlalu tinggi. Dan gamgguan lemak dalam darah dimana kadar kolesterol atau lemak jahat dalam tubuh dalam kadar yang tinggi di luar batas normal. Ahli Gizi dari Falkutas Kedokteran Universitas Gajah Mada (UGM), Toto Sudargo bahwa makanan yang mengandung zat gizi spesifik berperan langsung dalam menunjang berbagai aktivitas sistem daya tahan tubuh. Maka sebaiknya kita menghindari makanan yang tidak sehat, dengan mengonsumsi makanan sehat dapat mencegah resiko penyakit masuk kedalam tubuh.


Makanan sehat dibutuhkan tubuh untuk menjaga fungsi organ dan memastikan kinerjanya. Secara umum, jenis makanan yang tergolong dalam kelompok makanan sehat mengandung berbagai nutrisi. Syarat makanan yang sehat (4 sehat 5 sempurna), yaitu bersih, memiliki gizi yang baik dan seimbang. Keseimbangan makanan sehat adalah makanan yang memiliki kandungan karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin. Memakan makanan sehat memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, contohnya mendukung kesehatan otak, pembangun sel - sel tubuh, membuat tulang dan gigi kuat, Pengaturan metabolisme tubuh, mengurangi resiko penyakit jantung, dan masih banyak lagi.


Pola makan yang seimbang dan bergizi adalah kunci untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan kita. Dengan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi dan memperhatikan porsi yang tepat, kita dapat mencapai pola makan yang sehat, tidak mudah terkena penyakit dan akan terpenuhi gizi seimbangnya. Selain itu banyak sekali manfaat mengonsumsi makanan sehat untuk tubuh. Makanan bergizi seimbang akan bermanfaat bagi tubuh manusia dengan memberi zat tenaga, zat pembangun, dan zat pengatur yang sesuai dengan kebutuhan. Sangat disayangkan jika seseorang lebih sering mengonsumsi makanan cepat saji dari pada makanan-makanan yang sehat.

0 Post a Comment:

Posting Komentar