Teks Argumentasi - Menindaklanjuti Larangan Merokok di Ruang Publik

Menindaklanjuti Larangan Merokok di Ruang Publik


Oleh :

Kelompok 6 - Kelas XI G

10 - Darrel Alfaruq Raffi Abdillah

22 - Muhammad Anton Prabowo

25 - Nayla Azhara Suseno

33 - Vania Candra Eza Ariella


Merokok adalah kegiatan yang sudah lama dikenal di masyarakat dan sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari bagi sebagian orang. Tetapi, dampak negatif dari merokok telah diketahui luas oleh masyarakat, baik bagi perokok aktif maupun pasif. Penting untuk kita menindaklanjuti aktivitas merokok di ruang publik demi kesehatan dan kenyamanan bersama.


Kami menyetujui adanya larangan merokok di ruang publik, karena sebagai salah satu aktivitas yang dapat mengganggu kesehatan, baik diri sendiri maupun orang disekitar. Aktivitas merokok di ruang publik, konsumen rokok tidak mengetahui siapa saja yang akan menghirup asapnya. Berdasarkan hasil survei GATS menyebutkan bahwa prevalensi perokok pasif di negara kita tercatat naik menjadi 120 juta orang pada tahun 2021. Selain itu, perokok pasif juga berisiko terkena penyakit yang sama dengan perokok aktif.


Merokok di ruang publik bisa meningkatkan risiko perokok pasif terkena penyakit karena asap rokok. Jika tidak ada larangan untuk tidak merokok di publik, maka semakin banyak orang yang terkena penyakit akibat asap rokok yang berasal dari mereka yang merokok di ruang publik. Dengan melarang merokok di ruang publik, kita dapat melindungi masyarakat di sekitar kita dari dampak buruk yang disebabkan oleh aktivitas merokok.


Melalui adanya larangan merokok di tempat publik, maka dapat membantu mengurangi jumlah perokok aktif maupun pasif. Apabila menghilangkan tempat umum yang memperbolehkan merokok, perokok akan kesulitan untuk merokok. Hal ini bisa menjadi dorongan bagi mereka untuk berhenti merokok atau setidaknya mengurangi jumlah konsumsi rokok mereka. Seharusnya dengan hal ini, larangan merokok di ruang publik bisa memengaruhi perubahan perilaku individu secara positif.


Jika menerapkan larangan merokok di ruang publik, kita bisa membangun kehidupan yang lebih sehat bagi masyarakat. Ruang publik sebagai tempat yang dikunjungi oleh berbagai kalangan, termasuk anak-anak dan keluarga. Seharusnya dengan mengurangi ataupun menghilangkan rokok dari ruang publik, kita dapat menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan bebas dari asap rokok. Hal ini dapat menciptakan kesadaran tentang pentingnya hidup sehat dan memberikan contoh yang baik bagi generasi mendatang.

0 Post a Comment:

Posting Komentar