Teks Argumentasi - MENGULIK MENU MAKAN RUMAHAN YANG DISEPELEKAN NILAI GIZINYA

MENGULIK MENU MAKAN RUMAHAN YANG DISEPELEKAN NILAI GIZINYA


Oleh :

Kelompok 2 - Kelas XI K

(03) AINA NAFKHOTUL ULA
(05) ASSYIFA PUTRI ANDARWATI
(18) KAYLA RAHMA AZZURA
(30) SELLY SISTYA PRABA



Banyak masyarakat mengkonsumsi makanan yang tidak memiliki asupan gizi seimbang. Hal ini dibuktikan masih banyak balita di Indonesia yang mengalami gizi buruk. Pada balita, kurang gizi bisa menyebabkan mereka mengalami gangguan tumbuh kembang, berkurangnya tingkat kecerdasan bahkan stunting.


Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) bahwa stunting di Indonesia mencapai 21,6% di tahun 2022. “Dampak stunting ini bukan hanya urusan tinggi badan, tetapi yang paling berbahaya adalah nanti rendah kemampuan anak untuk belajar, keterbelakangan mental, dan yang ketiga munculnya penyakit-penyakit kronis yang gampang masuk ke tubuh anak” jelas Presiden Joko Widodo. Hal itu dilatar belakangi masih banyak masak rumahan yang disepelekan nilai gizinya di kalangan masyarakat. 


Banyak menu masakan yang kurang terpadang bagi banyak orang. Sebagai contoh sayuran. Sebagian orang menganggap bahwa sayuran itu tidak enak, dan cenderung makan makanan dengan kadar kolesterol yang tinggi. Padahal, sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral dimana sangat baik dikonsumsi oleh semua orang karena baik untuk kesehatan tubuh. Banyak menu masakan enak yang berasal dari sumber nabati, seperti tempe, tahu, oseng- oseng, dan sup.


Di sisi lain juga banyak orang yang jarang makan buah-buahan dikarenakan rasanya yang membosankan. Menurut salah satu warga dari desa Panglipuran, buah-buahan memang enak cuma karena rasanya yang gitu-gitu aja, bikin mudah bosan dan malas memakannya pada saat sudah kenyang. Padahal, buah-buahan merupakan sumber berbagai vitamin, mineral, dan serat pangan. Sebagian vitamin, mineral yang terkandung dalam buah-buahan berperan sebagai anti oksidan. Maka dari itu, mengonsumsi buah-buahan sangat penting untuk metabolisme tubuh. Bila bosan, banyak ide-ide makanan yang berbahan dasar buah-buahan. Menu itu seperti salad buah, es kul-kul, asinan buah, manisan buah, rujak, jus buah, dan masih banyak lagi.


Tidak dapat kita pungkiri bahwa tubuh membutuhkan zat gizi yang seimbang untuk proses metabolisme. Oleh karena itu, perlu diingat kembali bahwa sangat penting dalam mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang agar anak dapat tumbuh dengan baik dan sehat serta menghindari stunting.

0 Post a Comment:

Posting Komentar