Teks Argumentasi - Mengulik Manfaat dan Tujuan Penggunaan Seragam Sekolah

Mengulik Manfaat dan Tujuan Penggunaan Seragam Sekolah


Oleh : 

Kelompok 1 - Kelas XI G

11 - Devi Nur Hamidah

20 - Layung Eve Paraesuk

21 - Mohammad Reza Yunianto

35 - Violina Alyxia Putri Yolanda


Salah satu identitas anak sekolah adalah seragam. Seragam ini digunakan mulai dari taman kanak – kanak hingga SMA, kita selalu memakai seragam untuk belajar di sekolah. Memang tidak banyak negara yang mewajibkan murid sekolah untuk memakai seragam. Akan tetapi, Indonesia menerapkan sistem yang berbeda. Setiap murid wajib mengenakan seragam untuk belajar di sekolah. Seragam yang digunakan di sekolah bisa berkisar dari resmi sampai informal.


Saya merasa seragam membuat pandangan bahwa ‘berbeda’ itu salah sehingga yang berbeda tersebut menjadi rendah diri. Meskipun seragam sekolah ada sisi baiknya. Dari pengalaman saya sebagai siswi, seragam membuat saya harus mengikuti standar tertentu yang mungkin terlihat sepele. Seperti standar baju atasan berwarna putih. Ada saatnya baju putih tersebut berubah warna menjadi agak kekuningan.


Nah, sesi kesadaran saat itu yang bisa membuat diri saya rendah diri karena bajunya berbeda warna di antara puluhan teman sekelas. Harus beli lagi deh agar tidak overthinking pendapat orang lain dibilang kumuh dan dijauhi. Biasanya siswa-siswi yang eksis kece itu kan yang bajunya putih agak kebiruan. Dalam hal berseragam, siswa-siswi di Indonesia tidak tahu nilai-nilai yang melatar belakangi aturan tersebut. Saya yakin merekahnya sebatas mengerti untuk mencegah kesenjangan sosial. Mereka tidak bertindak sesuai prinsip yang jelas.


Seragam menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah sama ragamnya sejenis sama (pakaian) yang sama potongan dan warnanya. Seragam adalah pakaian, bukan soal disiplin, gampang dikendalikan. Kesenjangan sosial bukan timbul akibat tanpa seragam, tapi karena apa yang dilakukan, pilihan apa yang diputuskan.


Efektivitas seragam akan menjadi subjek penelitian yang berkelanjutan karena lebih banyak sekolah mencari solusi untuk masalah sosio-ekonomi kehadiran, disiplin, bullying, motivasi siswa, keterlibatan keluarga, atau kebutuhan ekonomi. Dan sementara seragam sekolah mungkin hanya sebagian kecil dari solusi untuk semua penyakit ini, mereka menyelesaikan satu masalah besar, pelanggaran kode pakaian.

0 Post a Comment:

Posting Komentar