Teks Argumentasi - Menelusuri Bahaya Penggunaan Ponsel Secara Berlebihan

Menelusuri Bahaya Penggunaan Ponsel Secara Berlebihan


oleh :

Kelompok 5 - Kelas XI G

(1) ABID ANUGRAH PUTRA FARDANA
(9) CYRILLA MUZHAFFIRA
(16) IKHSANNUDIN AKMAL PRADIWA
(28) QURRATU AINNUR SABRINA


Penggunaan alat media teknologi komunikasi di Indonesia saat ini bertambah canggih dalam kehidupan masyarakat dan yang tidak dapat dihindarkan pemakaiannya. pada awalnya, ponsel merupakan barang yang langka dan dianggap mewah dan hanya orang dari kalangan ekonomi atas yang dapat memilikinya. namun seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern, kini ponsel menjadi barang kebutuhan primer yang mudah dibeli. ponsel sekarang ini sudah dijadikan sebagai alat komunikasi yang penting dan di gemari oleh berbagai kalangan mulai dari masyarakat, anak-anak, remaja maupun orang tua. selain dijadikan sebagai alat komunikasi, ponsel juga sudah menjadi trend gaya hidup modern di lingkungan masyarakat pada saat ini.Namun, bagaimana kah dampaknya jika kita menggunakan ponsel secara berlebihan?memang banyak manfaat dari alat ini pada era digital sekarang, tapi penggunaan ponsel yang berlebihan akan menimbulkan dampak negatif.



Tidak sedikit dari kalangan remaja bahkan anak kecil yang memiliki rasa kecanduan akibat dari penggunaan ponsel secara berlebihan, memang mungkin terlihat sepele namun jika dibiarkan ini bisa membuat seseorang yang kecanduan mengalami kerusakan saraf!


Dampak negatif ponsel antara lain munculnya sikap agresif. pasalnya, penggunaan ponsel yang berlebihan tidak hanya memberikan dampak buruk akibat radiasi, tapi juga dampak negatif yang didapatkan dari konten media yang dikonsumsi.


Dampak negatif ponsel selanjutnya yaitu munculnya rasa ketergantungan terhadap gadget itu sendiri.Untuk mencegah terjadinya dampak negatif bagi semua orang, diperlukan kesadaran diri didalamnya. bagi orang tua untuk anaknya, diharapkan jangan ragu untuk membatasi penggunaan gadget seperti ponsel dan tablet. misalnya, berikan pembatasan penggunaan gadget maksimal 2 jam setiap hari, atau berikan kebebasan menggunakan ponsel hanya pada hari libur.


Ponsel merupakan alat penunjang pintar dalam kehidupan kita, bisa sebagai alat komunikasi, media hiburan, alat foto bahkan perekam video. Banyaknya kegunaan  smartphone pada saat ini mempengaruhi pola masyarakat dalam menggunakan smartphone, bahkan sampai merasa tergantung terhadap ponsel.

0 Post a Comment:

Posting Komentar