Teks Argumentasi - Ketergantungan Komputer Pada Anak Usia Dini

Ketergantungan Komputer Pada Anak Usia Dini

Oleh :

Kelompok 4 - Kelas XI I

(16) Irsyad Zaki Ramadhani
(20) Liliana Az Zahra Damarjati
(27) Najwa Aulia
(34) Yakobus Marciello Christiawan


Pada laporan ini, kami akan memaparkan hasil diskusi kami. Tujuan kami membuat laporan ini adalah agar dapat memahami tentang ketergantungan komputer dan penggunaan komputer pada anak usia dini. Komputer merupakan perangkat elektronik yang dapat memanipulasi informasi atau data. Komputer mampu menyimpan, mengambil, dan mengolah data. Beberapa dari kita mungkin sudah tau kalau kita dapat menggunakan komputer untuk mengetik dokumen, mengirim e-mail, bermain game, ataupun menjelajah Web.




Tidak dapat dipungkiri anak-anak jaman sekarang sudah sangat pintar dalam menggunakan komputer dan internet. Komputer dan internet adalah suatu hal yang saling terikat, semua orang membutuhkannya dalam segala kebutuhan yang berkaitan dengan teknologi. Teknologi menjadi bagian hidup yang sangat penting. Semua pekerjaan terasa mudah dengan adanya bantuan teknologi. Hampir semua kegiatan manusia memanfaatkan teknologi, baik pekerjaan ringan maupun berat. Penciptaan teknologi sebaiknya harus sesuai dengan esensinya agar memudahkan kelangsungan hidup manusia.


Namun nyatanya banyak sekali resiko penggunaan komputer pada anak. Terlalu lama duduk di depan komputer juga tidak baik bagi kesehatan mata. Komputer juga masih rawan akan aktivitas yang tidak cukup umur untuk anak usia dini. Banyak anak jaman sekarang yang lupa akan aktivitas dunia nyata karena terlalu asik main games di komputer. Hal ini, akan membuat anak sulit untuk mendahulukan kepentingan kehidupan di dunia nyata nya. Cahaya yang terlalu kontras dan jarak pandang terlalu dekat juga dapat mengganggu indra pengelihatan anak sehingga dapat menyebabkan rabun dekat.


Akan tetapi hal ini dapat kita atasi dengan mengajak anak untuk lebih sering beraktivitas di luar rumah agar tidak kecanduan bermain komputer. Peran orang tua juga sangat penting untuk meminimalisir hal ini dengan memperhatikan seberapa lama anak menggunakan komputer kemudian membatasinya agar tidak terlalu lama dan tidak menggunakan komputer di ruangan yang minim akan pencahayaan. Orang tua juga perlu mengawasi bagaimana anak usia dini memakai komputer. Jangan biarkan anak usia dini menyalahgunakan teknologi komputer dengan tidak semestinya. Orang tua harus dapat mengarahkan anak untuk menggunakan teknologi sebagai sarana pembelajaran yang tepat. Orang tua juga harus paham lebih dulu akan karakteristik anak agar dapat mengetahui metode pembelajaran mana yang sesuai untuk anak, karena hal ini dapat membantu orang tua untuk dapat lebih mengenal anak-anak mereka.


Program komputer juga menciptakan suasana yang menyenangkan bagi anak. Selain belajar memahami teknologi sejak dini, komputer juga dapat merangsang perkembangan kognitif melalui permainan-permainan yang menarik. Gambar-gambar dan suara yang muncul juga membuat anak tidak cepat bosan sehingga dapat merangsangnya belajar lebih jauh lagi. Sisi baiknya, anak dapat menjadi lebih tekun dan terpicu untuk belajar berkonsentrasi.


Di sini dapat disimpulkan bahwa teknologi komputer sebenarnya tidak terlalu buruk bagi anak. Komputer akan sangat berguna jika dimanfaatkan dengan baik. Banyak sekali manfaat yang dapat kita petik asalkan pemrograman nya tepat.

0 Post a Comment:

Posting Komentar