Teks Argumentasi - Sejumlah Manfaat Media Sosial Untuk Bisnis

Sejumlah Manfaat Media Sosial Untuk Bisnis


Oleh :

Kelompok 4 - Kelas XI H

1. As Sifa Asfi I. (09)

2. Faricha Tata B. (14)

3. Keyza Hesti A. (20)

4. Suci Ramadhani (32)




Perkembangan teknologi saat ini sudah sangat pesat dengan munculnya berbagai produk canggih yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Sekarang ini penggunaan gadget sangat diperlukan bagi semua kalangan, untuk mencari informasi berita terkini, materi pelajaran, tugas, pekerjaan, dan erutama untuk mengakses media sosial. Selain sebagai alat komunikasi, HP juga dapat dimanfaatkan untuk mencari penghasilan. Oleh karena itu media sosial sangat direkomendasikan untuk diterapkan kepada pebisnis yang ingin mempromosikan atau menawarkan produk mereka kepada masyarakat luas guna menarik perhatian para konsumen.


Berjualan online sudah banyak menjamur di zaman sekarang, baik menjual barang maupun sebagai penyedia jasa. Ada berbagai platform yang bisa digunakan untuk berjualan barang atau menawarkan jasa contohnya Instagram, Facebook, Marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan platform lainnya. Tetapi dibalik canggihnya teknologi zaman sekarang masih mempunyai dampak negatif. Misalnya seperti penipuan, hal ini jika dilakukan akan berdampak buruk dan merugikan untuk para konsumen maupun produsen. Kominfo melaporkan kasus penipuan online dari eccomerce dan jualan online hingga September 2021 mencapai 115.756 kasus.


Beberapa manfaat menggunakan media sosial sebagai bisnis yang pertama kita bisa mengetahui dengan rinci siapa saja konsumen kita, bahasa yang digunakan, bahkan usianya. Hal itu memudahkan kita supaya bisa mempromosikan kepada konsumen yang tepat. Kedua, media sosial membantu kita untuk menjalin hubungan yang baik dengan pembeli, dengan begitu konsumen akan memberikan respons positif di media sosial terhadap produk kita. Ketiga, manfaat media sosial yang paling sering kita peroleh adalah memudahkan orang-orang untuk melakukan sosialisasi atau berhubungan dengan orang lain secara online. Menurut saya itulah beberapa manfaat dari pengunaan medsos.


Sesuai dengan namanya, media sosial adalah salah satu tempat atau wadah orang-orang untuk bersosialisasi antar individu. Jadi, kemungkinan sekarang banyak yang lebih memilih menggunakan media sosial karena lebih mudah dalam meningkatkan penjualan. Media sosial juga memberi anda kemampuan untuk menjangkau pelanggan di mana saja, kapan saja, membangun brand awareness, dan membangun koneksi dengan pelanggan. Jadi, jika kamu ingin membangun bisnis yang sukses, pastikan kamu memanfaatkan media sosial sebaik mungkin.


Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan adanya media sosial salah satunya adalah pengembangan bisnis dan masih banyak lagi. Tidak bisa kita dipungkiri bahwa kehidupan sehari-hari kita kini sudah cukup erat dengan media sosial. Secara tidak langsung, media sosial adalah salah satu kebutuhan tiap orang. Maka dari itu kita harus memanfaatkan dengan baik jangan digunakan untuk hal-hal yang dirasa kurang patut dilakukan.

0 Post a Comment:

Posting Komentar