Teks Argumentasi - Penyebab Utama Perubahan Iklim Global Ekstreme di Dunia

PENYEBAB UTAMA PERUBAHAN IKLIM GLOBAL EKSTREME DI DUNIA

Oleh : 

Kelompok 7 - Kelas XI H

Fathan rizqi putra pratama (15)
Mohamad Ramadhany(23)
Natasya Refa Amaliah (27)
Yasiin Langgeng Saputro(35)




Bencana alam yang terjadi di kehidupan kita dapat disebabkan beberapa faktor, salah satunya yaitu faktor perubahan iklim. Perubahan iklim disebut juga dengan fenomena pemanasan global, dimana terjadi peningkatan gas rumah kaca pada lapisan atmosfer dan berlangsung dalam jangka waktu tertentu. Penyebab perubahan iklim dan pemanasan global terdiri dari berbagai faktor yang berbeda serta menimbulkan dampak bagi kehidupan manusia. Cuaca ekstrem mengakibatkan naiknya suhu udara di atas permukaan laut, badai, dan angin topan. Sehingga cuaca ekstrem merugikan masyarakat. Cuaca ekstrem adalah keadaan iklim yang berubah cepat. Hal ini mengakibatkan kenaikan suhu, intensitas hujan, serta bencana alam.


Iklim berubah secara terus menerus karena interaksi antara komponen-komponennya dan faktor eksternal seperti erupsi vulkanik, variasi sinar matahari, dan faktor-faktor disebabkan oleh kegiatan manusia seperti misalnya perubahan pengunaan lahan dan penggunaan bahan bakar fosil. Ada beberapa faktor yang menyebabkan perubahan iklim yaitu disebabkan karena efek gas rumah kaca, pemanasan global,kerusakan lapisan ozon ,dll.


Salah satu contoh dari efek pemanasan global yang di sebabkan oleh manusia yaitu gas dari industri, Gas dari industri akan menyebabkan pencemaran udara. Terutama karena asap pabriknya yang berlebihan dan tak ditampung dengan benar. Ada gas karbondioksida, karbon monoksida, gas metana, dan lain sebagainya.Kadar karbon yang dihasilkan akibat kegiatan industry yaitu sebesar 412 bagian per juta dalam 150 tahun terakhir. Karbon dioksida, metana dan nitrogen oksida yang telah menyebabkan peningkatan suhu bumi selama 50 tahun terakhir. Pendapat saya asap pabrik merupakan suatu limbah dari produktifitas pabrik...asap dapat menimbulkan kerusakan dan pencemaran udara. Serta dapat juga menimbulkan hujam asam yang merugikan makhluk hidup.


Seharusnya masyarakat sadar akan hal merugikan tersebut, dengan meminimalisir kegiatan yang menimbulkan gas dari industri yang merugikan makhluk hidup lainnya supaya makhluk hidup lainnya dapat menghirup udara yang segar dan nyaman sehingga manusia , hewan , tumbuhan dan makhluk hidup lainya mendapatkan apa yang seharusnya mereka dapatkan.


Dapat disimpulkan bahwa perubahan iklim yang ekstrim di dunia terjadi karena ulah dari manusia, iklim yang ekstrim dapat menyebabkan berbagai bencana alam. 

0 Post a Comment:

Posting Komentar