Teks Argumentasi - Menyimak Alasan Anak Muda yang Memiliki Kecenderungan Menunda Pekerjaan

Menyimak Alasan Anak Muda yang Memiliki Kecenderungan Menunda Pekerjaan

Oleh :

Kelompok 3 - Kelas XI G

(03) amadhea Annisa Alfatihah
(06) Azka Hida Fidiana
(07) Bunga Nasa Ayu Pratiwi
(34) Vidryanda Az Zigra Hendrikusuma




Menunda – nunda adalah salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Biasanya mereka beralasan bahwa mereka dapat menyelesaikan pekerjaannya disisa waktu mendekati tenggat akhir pengumpulan tugas. Kebiasaan menunda – nunda pekerjaan kerap ditemui pada kalangan remaja. Banyak remaja yang belum memahami bahwa waktu yang mereka sia-siakan adalah kesempatan yang tak dapat diulang.

Banyak ditemui orang yang mendapatkan label pemalas karena mereka sering menunda –nunda pekerjaan. Terkadang mereka yang belum bisa mengatur waktu yang optimal untuk mengatur jadwal pekerjaan yang telah mereka dapatkan. mereka memilih menunda – nunda pekerjaan untuk mendapatkan kesenangan sesaat, padahal hal tersebut bisa saja mengakibatkan mereka mendaptakan masalah. Seperti yang dapat kita lihat di zaman ini banyak orang-orang khususnya kalangan remaja yang memiliki kebiasaa menghabiskan waktu untuk bermain game daripada belajar atau mengerjakan tugas-tugas mereka ataupun melakukan hal-hal yang positif. Padahal kebiasaan tersebut dapat merugikan diri mereka sendiri. Menurut para ahli sendiri saat seseorang memiliki tugas yang menumpuk, namun masih sering menunda dan menumpuk tugas, sebenarnya saat itu mereka sedang melakukan prokrastinasi.

Selain bisa mendapatkan masalah seseorang yang mempunyai kecenderungan menunda–nunda pekerjaan bisa saja mendatangkan dampak buruk bagi kesehatan loh!. Diantaranya yaitu kemampuan menajemen seseorang dalam membagi waktu yang tidak optimal seperti yang dijelaskan diparagraf sebelumnya. Selain itu menunda – nunda pekerjaan menyebabkan stres atau depresi yang berkelanjutan, bukan hal itu saja akibat dari menunda nunda pekerjaan bisa saja dapat memicu seseorang memiliki gangguan mental yang buruk. Hasil Survei I-NAMHS: Satu dari Tiga Remaja Indonesia Memiliki Masalah Kesehatan Mental. “Remaja dengan gangguan mental mengalami gangguan atau kesulitan dalam melakukan kesehariannya yang disebabkan oleh gejala gangguan mental yang ia miliki,” terang Prof. Dr. Siswanto Agus Wilopo, SU, M.Sc., Sc.D., Guru Besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM yang merupakan peneliti utama I-NAMHS.

Tidak hanya berdampak pada kesehatan mental saja seseorang yang sering menunda –nunda pekerjaan, bisa juga memperburuk kondisi kesehatan fisik dan juga dapat membuat orang tersebut mudah lelah, serta membuat orang itu kurang fokus dalam menjalankan pekerjaannya. Dan lebih herannya kenapa masih banyak orang yang suka melalukan tindakan menunda-nunda pekerjaan padahal seseorang tersebut tahu jika menunda – nunda pekerjaan bisa membuat kesehatan mereka down. Spesialis Penyakit Dr Saptino Miro Sp.PD-KGEH, FINASIM mengemukakan stres dapat memicu terjadinya penyakit asam lambung. Penyakit asam lambung ini banyak diderita masyarakat umum. Penyebabnya, stres, makan terlalu banyak, langsung berbaring setelah makan, dan makan terlalu dekat dengan waktu tidur,” terang Dr saptino Miro Sp.PD-KHEH.

Untuk mengatasi kebiasaan menunda-nunda pekerjaan, Kamu bisa berkomitmen untuk memberikan reward jika pekerjaanmu selesai. Kamu bisa memodifikasi pengalamanmu saat bekerja, contoh kalau suka bekerja di tempat yang agak ramai, maka cobalah bekerja di tempat seperti cafe. Kamu juga bisa mengatasinya dengan menghindari gangguan seperti  media sosial atau game. Buatkan batasan dalam bermain media sosial dan game, jika perlu matikan notifikasi dari hp dan carilah lingkungan yang tenang untuk bekerja.

Jika seseorang khususnya remaja yang sering menunda – nunda pekerjaan bahkan menjadikan hal ini sebagai kebiasaan, maka mereka bukan hanya akan kehilangan banyak waktu akan tetapi juga akan kehilangan yang sudah direncanakan dari awal. Intinya semakin lama sebuah pekerjaan tidak segera dikerjakan akan semakin lama juga pekerjaan tersebut akan selesai. Jadi ayo mulai sekarang khususnya kita anak remaja jangan lagi suka menunda – nunda pekerjaan, apalagi sampai menumpuk karena bukan orang lain yang merasakan akibatnya tetapi diri kita sendirilah yang akan merasakan akibatnya.

0 Post a Comment:

Posting Komentar