Teks Argumentasi - Mengulik Manfaat dan Tujuan Penggunaan Seragam Sekolah

MENGULIK MANFAAT DAN TUJUAN PENGGUNAAN SERAGAM SEKOLAH


Oleh :

Kelompok 9 kelas XI K

(2) Ahnaf Muzakki (8) Celsy Gerby Noviana (10) Elsa Joice Dinastika (31) Talhita Muthia Narda




Penggunaan seragam sekolah pastinya memiliki tujuan dan manfaat tersendiri untuk para murid yang memakainya. Salah satu tujuannya yakni untuk membedakan tingkatan atau jenjang sekolah yang sedang dilalui. Seperti contoh murid SD menggunakan seragam OSIS putih dan merah, murid SMP menggunakan OSIS putih dan biru, sedangkan murid SMA menggunakan putih dan abu-abu. Dengan adanya seragam sekolah, maka tidak menimbulkan keiirian terhadap siswa yang satu dengan siswa yang lain.

Seperti yang kita ketahui berita akhir akhir ini tentang salah satu orang tua di Brebes yang mengeluh karena harus membayar 1,7 juta hanya untuk seragam sekolah. Hal ini langsung menjadi sorotan publik terlebih lagi gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, beliau langsung menegaskan bahwa pembelian seragam sekolah tidak wajib dibeli disekolah. Beliau juga mengatakan bahwa sekolah tidak wajib untuk seragam khas/seragam identitas, bahkan ada beberapa sekolah yang tidak mewajibkan untuk membeli seragam sekolah.

Seharusnya memang kebijakan untuk tidak mewajibkan membeli seragam sekolah itu bagus, tetapi selalu ada tim pro dan kontra. Memang ini bagus untuk para orang tua yang kurang mampu karena menghemat biaya, tetapi ini juga sangat menunjukkan kesenjangan sosial. Terlebih lagi di Indonesia ini menjunjung tinggi tata krama khususnya di Jawa dimana tata krama menjadi suatu hal yang sangat penting untuk dimiliki. Bayangkan jika murid-murid bersekolah memakai baju bebas, pasti ada murid yang memakai baju sesuka hati. Apakah tata krama akan perlahan luntur?.

Jika kita mengamati apa saja manfaat seragam pasti ada banyak seperti melatih kedisiplinan menurut garmenesia. co. id. Seragam juga dapat dijadikan sebagai penanda tingkat pendidikan atau menjadi yang membedakan jenjang SD,SMP,maupun SMA dan mempunyai seragam sekolah dapat dijadikan kenang-kenangan pengalaman pahit manisnya perjalanan pendidikan kita. Kita juga dapat merasakan kembali bagaimana perjuangan kita pada masa remaja, entah itu kenangan masa percintaan maupun kenangan masa mengejar mimpi.

Tetapi kebijakan ini ada benarnya juga seperti berita diatas banyak sekolah yang mengambil untung mengatasnamakan pembelian seragam. Memang motifnya tak hanya seragam contoh lainnya adalah modus pembayaran infaq seperti di SMK 4 Sale, temuan itu terkuak secara tidak sengaja saat Ganjar memberikan motivasi pada acara seminar di Pendopo Kabupaten Rembang. Banyak peristiwa pungli di sekolah sekolah dengan berbagai modus mungkin Ganjar tidak mau terjadi hal seperti itu di Jawa Tengah tetapi tetap saja ada tim pro dan kontra mengenai hal tersebut. 

0 Post a Comment:

Posting Komentar