Teks Argumentasi - Bahaya Penggunaan Ponsel Secara Berlebihan

Bahaya Penggunaan Ponsel Secara Berlebihan


Oleh :

Kelompok 5 - Kelas XI H

05 -  Amanda Reza Putri (05)

17 - Hidayat Putra S.

21 - Lailai Putri A.

24 - Muh. Fadhil



Ponsel pintar atau smartphone kini menjadi hal yang sangat diwaspadai semua orangtua. Pasalnya banyak anak-anak yang kecanduan bermain dengan teknologi ini. Bukan hanya anak remaja, kini telah banyak dijumpai anak-anak usia dini telah diberi smartphone untuk bermain. Penggunaan smarthpone oleh anak-anak dikhawatirkan akan membawa banyak dampak buruk pada mereka.


Smartphone menyebabkan anak mengalami insomnia. Sebuah penelitian dalam jurnal Child and Adolescent Psychiatric Clinics of North America, mengatakan bahwa anak-anak yang menggunakan gadget sebelum tidur mengalami gangguan tidur pada malam hari dan tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik. Hal ini tentunya akan mempengaruhi kesehatan anak kedepannya.


Menatap smartphone terlalu lama juga dapat menyebabkan kerusakan mata. Anak-anak sering kali kesulitan mengatur waktu ketika bermain ponsel hingga menyebabkan mata mereka terpapar pancaran blue light terlalu lama. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Toledo di Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa paparan sinar biru yang terlalu lama bisa memicu sel-sel fotoreseptor (peka cahaya) pada mata untuk menghasilkan molekul beracun yang membahayakan mata Selain merusak secara fisik, smartphone juga dapat membuat anak mengalami gangguan mental.


Seorang yang kecanduan smartphone cenderung memiliki sifat cepat marah, agresif, dan kesulitan untuk fokus, serta acuh tak acuh dengan keadaan di sekitarnya. Telah banyak sekali saluran berita yang menyiarkan perihal anak yang masuk Rumah Sakit Jiwa akibat kencanduan ponsel. Ketidakbijakan dalam bersosial media membuat orang-orang menulis kalimat tanpa banyak memikirkan apakah kalimat itu pantas atau tidak. Kalimat-kalimat inilah yang mungkin menyakiti anak bahkan menyebabkan depresi pada anak.


Penggunaan smartphone oleh anak-anak cenderung memberikan banyak dampak negatif. Banyaknya peristiwa tak mengenakkan karena tidak bijak dalam menggunakan smartphone menjadi pengingat bagi para orang tua untuk selalu memantau penggunaan smartphone oleh anak. Kecanduan smartphone tidak hanya dapat merusak secara fisik, namun juga dapat merusak psikologi anak. Hal ini dapat dibuktikan dengan sejumlah penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli.

0 Post a Comment:

Posting Komentar