Teks Argumentasi - Menilik Proses Pemilihan Umum di Indonesia yang Dinilai Belum Adil

Menilik Proses Pemilihan Umum di Indonesia yang Dinilai Belum Adil



Oleh :

Kelompok 8 - Kelas XI H

(1) Abdurrahman Atashabuuru A (3) Agung Tri Laksono (11) Brillian Ananda Putri (12) Enggar Triyani

Sumber Gambar : www.radioidola.com


Sistem pemilu di Indonesia dinilai masih belum berkembang. Hal ini ditandai dari belum terciptanya pemilu yang benar-benar jujur dan adil. Padahal, prinsip pemilu, "langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil" adalah cerminan dari negara yang konstitusional.


Dalam pemilu saat ini masih banyak ditemukan ketidakadilan dan ketidakjujuran.Para caleg meghalalkan segala cara agar dapat memenagkan pemilu diIndonesia seperti dengan menyogok atau memberi uang kepada para pemilih agar memilih mereka dan dapat memenagkan pemilu tersebut.Hal ini sering kali masih dilakukan di beberapa daerah.


Mengutip dari laman Bawaslu,mereka sudah berupaya mencegah kecurangan pada pemilu dengan cara membuat aplikasi android agar warga dapat melaporkan kecurangan yang dilakukan oleh oknum-oknum tersebut.Dan kita sebagai pelapor tidak perlu takut karna akan dilindungi oleh Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).


Sebenarnya, dengan cara tersebut tidak 100% bisa menangani kasus tersebut. Tetapi, setidaknya hal tersebut dapat mengurangi adanya praktik ketidakadilan atau kecurangan. Sebaiknya hal ini harus di optimalkan agar mendapat hasil yang sesuai.


Perlu diakui bahwa proses pemilu diIndonesia masih banyak ditemukan kejangalan lainnya yang mungkin belum terungkap.Upaya untuk terus memperbaiki sistem pemilihan dan meningkatkan partisipasi masyarakat sangatlah penting demi menciptakan proses pemilihan yang lebih adil dan bersih di masa depan.

0 Post a Comment:

Posting Komentar