Kajian Soal Teks Argumentasi

 Soal Teks Argumentasi

 

1.        Berikut adalah  topik yang dapat dikembangkan  menjadi paragraf argumentasi, kecuali ....

A.    Kebiasaan menyontek membuat siswa malas belajar

B.     Disiplin dan tanggungjawab harus diterapkan sejak dini

C.     Dampak negatif bagi ibu hamil yang mengonsumsi narkoba

D.    Penebangan hutan liar merugikan negara

E.     Indahnya kebersamaan dalam sebuah keluarga.

 

2.        “Banjir disebabkan oleh ulah manusia yang tidak bertanggung jawab”

Berikut adalah argumen atau alasan yang sesuai dengan pernyataan di atas, kecuali ....

A.    Adanya penebangan hutan secara liar

B.     Pembangunan gedung-gedung di daerah resapan air

C.     Pemerintah daerah tidak bertanggungjawab

D.    Kurangnya reboisasi di daerah Gunung Kidul

E.     Sungai-sungai dijadikan tempat pembuangan sampah

 

3.        Pembenaran berupa alasan yang sesuai dengan pernyataan di atas adalah ...

A.    Oleh karena itu, manusia harus dapat menjaga lingkungan supaya tidak terjadi banjir

B.     Masyarakat tidak perlu cemas menghadapi banjir, hal itu biasa terjadi pada musim hujan.

C.     Masyarakat tidak bisa menyalahkan pemerintah karena belum bisa mengatasi banjir.

D.    Di mana-mana kalau musim hujan pasti ada banjir, masyarakat sudha tidak peduli.

E.     Manusia adalah penghuni bumi, jadi apa pun yang terjadi harus siap menerimanya.

 

4.        Berikut ini kata penghubung yang dapat digunakan untuk mengembangkan paragraf argumentasi sebab akibat, yaitu ....

A.    Pada dasarnya, padahal

B.     Adalah, dengan demikian

C.     Karena, oleh sebab itu

D.    Terlihat jelas, akibat

E.     Namun, menurut saya

 

5.        Perhatikan paragraf berikut ini!

Senang memelihara tanaman hias merupakan modal dasar untuk mencintai lingkungan. Tanaman hias tersebut selain sebagai penghias, juga membuat lingkungan menjadi teduh, asri, dan nyaman. Dengan demikian, memelihara tanaman hias merupakan langkah awal melestarikan lingkungan hidup.

Pengembangan paragraf di atas adalah ...

A.    Deskripsi

B.     Eksposisi

C.     Argumentasi

D.    Persuasi

E.     Narasi

 

6.        Ruangan ini seharusnya ditata sedemikian rupa dengan memerhatikan tata indah, tata sehat, tata bersih, dan tata nyaman. Ventilasi yang baik, udara selalu berganti sehingga kesehatan penghuninya terjamin. Dinding di depan-belakang samping kanan-kiri dicata denggan warna bening dan dihias sesuai dengan keperluan pengajaran. Hal itu menjadikan ruangan tampak asri. Meja guru anda ditata dan selalu dijaga kebersihannya yang akhirnya terlihat rapi dan bersih. Penataan demikian itu, semua penghuni kerasan, suasana menjadi nyaman, damai, dan menyenangkan.

Teks diatas merupakan paragraf....

A.    Argumentasi

B.     Deskripsi

C.     Persuasi

D.    Narasi

E.     Eksposisi

 

7.        Semua warga sekolah merasa bangga dengan wajah-wajah nan ceria. Hampir setiap lomba taman dan keindahan selalu menyandang juara. Orang-orang yang lalu lalang di depan sekolah itu tak lupa melayangkan padangannya. Tidak ada bunga layu di semua musim. Tidak ada ranting kering bertengger di pepohonan. Sudah selayaknya sekolah itu dipuji karena memang tampak indah, bersih, dan nyaman. Kedisiplinan menjaga keindahan taman telah dimiliki setiap warga sekolah. Mereka perlu dan harus demikian prinsip yang dipegang teguh.

Paragraf diatas termasuk jenis paragraf ....

A.    Deskripsi

B.     Argumentasi

C.     Persuasif.

D.    Naratif

E.     Eksposisi

 

8.        Bacalah pernyataan berikut!

(1). Bersifat nonfiksi (ilmiah)

(2). Bertujuan menyakinkan orang lain bahwa apa yang dikemukakan merupakan kebenaran.

(3). Dilengkapi bukti berupa gambar, data, grafik, dan sebagainya.

(4). Bersifat mengajak

Dari pernyataan diatas yang termasuk ciri-ciri paragraf argumentasi adalah ....

A.    (1), (2), (4)

B.     (2), (3), (4)

C.     (1), (3), (4)

D.    (1), (2), (3)

E.     (1), (2), (4)

 

9.        Bermaksud untuk meyakinkan pembaca bahwa apa yang disampaikan penulis adalah benar, merupakan ciri-ciri paragraf ....

A.    Deskripsi

B.     Persuasi

C.     Narasi

D.    Eksposisi

E.     Argumentasi

 

10.    Pendidikan merupakan salah satu faktor penentu maju mundurnya suatu bangsa. Adalah sebuah kata yang terbantahkan lagi bahwa pendidikan di Indonesia adalah pendidikan yang sangat mahal dan tak terjangkau bagi masyarakat tak mampu. Pada tahun 2010 saja terdapat 1,08 juta siswa SD hingga SMA yang putus sekolah. Biaya pendidikan yang mahal diperkirakan menjadi sebab tingginya angka putus sekolah di tahun 2010 tersebut.

Jenis karangan diatas adalah ....

A.    Deskripsi

B.     Narasi

C.     Eksposisi

D.    Argumentasi

E.     Persuasi

 

11.    Dibawah ini yang termasuk jenis karangan Argumentasi akibat sebab adalah ....

A.    Kerusakan lingkungan merupakan salah satu masalah terbesar yang dihadapi oleh umat manusia di era modern sekarang ini. Hampir setiap hari kita selalu disuguhi dengan berita-berita tentang berbagai macam bencana alam seperti banjir, tanah, longsor, kekeringan dan berbagai macam bencana alam lain yang telah memakan banyak sekali korban baik harta maupun nyawa. Bencana-bencan alam “buatan” yang sering terjadi saat ini, tak lain dan tak bukan adalah akibat dari pola hidup sebagian besar manusia modern yang tidak ramah lingkungan.

B.     Gemercik suara air yang mengalir di bawah Gua Jati Jajar terdengar begitu syahdu di telingaku. Udaranya yang sejuk menusuk kulit sangat terasa di tubuh. Pohon-pohon yang besar dan rindang berjejer di sepanjang pintu masuk menuju gua. Hal ini menambah betah pengunjung berlama-lama menikmati keindahan ukiran alam gua bersejarah itu.

C.     Kejadian begitu cepat. Aku pulang pukul 12.00 siang. Pukul 12.15, aku parkir motorku di halaman sekolah, lalu berlari ke tempat fotokopi. Pukul 12.20 selesailah KTP-ku fotokopi. Pukul 12.22 aku sudah sampai kembali ke tempat parkir motor. Dan motorku sudah lenyap. Hanya kutinggalkan tujuh menit.

D.    Di selatan kota Ciamis, terhampar pantai yang berair jernih. Jika angin sepoi-sepoi bertiup, suara ombaknya terdengar lembut dan manis. Oleh penduduk, pantai itu dinamakan Pantai Pangandaran. Karena keindahannya, Pantai Pangandaran banyak didatangi oleh wisatawan untuk berkreasi. Tidak jauh dari pantai itu, terdapat sebuah objek wisata bernama Batu Hiu.

E.     Ozone therapy adalah pengobatan suatu penyakit dengan cara memasukkan oksigen murni dan ozon berenergi tinggi ke dalam tubuh melalui darah. Ozone therapy merupakan tetapi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, baik untuk menyembuhkan penyakit yang kita derita maupun sebagai pencegah penyakit.

 

12.    Dua tahun terakhir, terhitung sejak Boeing B-737 milik maskapai penerbangan Aloha Airlines celaka, isu pesawat itu mencuat ke permukaan. Ini bisa dimaklumi sebab pesawat yang badannya koyak sepanjang 4 meter itu sudah dioperasikan lebih dari 19 tahun. Oleh karena itu, adalah cukup beralasan jika orang menjadi cemas terbang dengan pesawat berusia tua. Di Indonesia, yang mengagetkan, lebih dari 60% pesawat yang beroperasi adalah pesawat tua. Amankah? Kalau memang aman, lalu bagaimana cara merawatnya dan berapa biayanya sehingga ia tetap nyaman dinaiki?

Teks diatas termasuk karangan ....

A.    Narasi

B.     Eksposisi

C.     Argumentasi

D.    Persuasi

E.     Deskripsi

 

13.    Jiwa kepahlawanan harus senantiasa dipupuk dan dikembangkan karena dengan jiwa kepahlawanan, pembangunan di negara kita dapat berjalan dengan sukses. Jiwa kepahlawanan akan berkembang menjadi nilai-nilai dan sifat kepribadian yang luhur, berjiwa besar, bertanggungjawab, berdedikasi, loyal, tangguh, dan cinta terhadap sesama. Semua sifat ini sangat dibutuhkan untuk mendukung pembangunan di berbagai bidang.

A.    Argumentasi

B.     Persuasi

C.     Deskripsi

D.    Narasi

E.     Eksposisi

 

14.    Dibawah ini yang termasuk paragraf argumentasi adalah ...

A.    Ozone therapy adalah pengobatan suatu penyakit dengan cara memasukkan oksigen murni dan ozon berenergi tinggi ke dalam tubuh melalui darah. Ozone therapy  merupakan energi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, baik untuk menyembuhkan penyakit yang kita derita maupun sebagai pencegah penyakit.

B.     Liburan sekolah beberapa tahun yang lalu, saya dan ibu pergi ke Pontianak. Pontianak merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Barat, di Pontianak, banyak sekali keunikan dan tempat menarik yang merupakan ciri khas Kota Pontianak. Perjalanan kurang lebih 2 jam dengan menggunakan pesawat. Tempat pertama yang saya kunjungi adalah Sintawang. Waktu tempuh menuju Sintawang kurang lebih sembilan jam dari Pontianak jika menggunakan mobil. Daerah ini terkenal sebagai penghasil tenun ikat. Motif tenun ikatnya sangat unik dan coraknya sangat khas Kalimantan Barat. Harga tenun ikat ini tergolong mahal, tergolong motif dan bahannya. Harganya bisa mencapai ratusan ribu, bahkan jutaan rupiah.

C.     Pemandangan Pantai Parangtritis Yogyakarta sangat mempesona, disebelah kiri terlihat tebing yang sangat tinggi dan di sebelah kanan kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat. Banyaknya wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Parangtritis ini membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Di pantai Parangtritis ini kita bisa bermain pasir dan merasakan hembusan segar angin laut. Kita juga bisa naik kuda ataupun angkutan sejenis andong yang bisa membawa kita ke area karang laut yang sungguh sangat indah. Di sore hari kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan momen sangat istimewa melihat matahari yang seolah-olah masuk ke dalam hamparan air laut.

D.    Siang itu aku sedang duduk di sofa empuk di dalam Apotek milikku yang baru saja dibuka. Apotek ini adalah impianku sejak aku kuliah di Farmasi dulu. Sekarang aku memandang puas pada usahaku selama ini. Aku bisa mendirikan Apotek di kota kelahiranku. Apotek ini cukup luas, beberapa rak besar tempat obat-obatan berjejer rapi dengan kemasan-kemasan obat warna-warni yang dikelompokkan menurut farmakologinya dan disusun alafabetis. Pandangan saya tertuju pada rak buku di pojok ruangan yang berisi buku-buku tebal. Ku ambil satu buku yang sampulnya tertulis informasi spesialis obat atau biasa disebut kalangan farmasi dengan buku ISO. Setelah ku pandangi aku tersenyum dan mengembalikannya ke tempat semula. Buku ini adalah buku pertama yang kubeli saat aku kuliah dulu. Aku memandang lagi secara keseluruhan Apotek ini, sebuah televisi 14 inci dan sebuah komputer di meja kasir. Hembusan angin dari AC membuat udara terasa sejuk di bulan Mei yang panas ini.

E.     Memilih SMA tanpa pertimbangan yang matang hanya akan menambah pengangguran karena pelajaran di SMA tidak memberi bekal bekerja. Menurut Iskandar, sudah saatnya masyarakat mengubah paradigma agar lulusan SMP tidak latah masuk SMA. Kalau memang lebih berbakat pada jalur profesi sebaiknya memilih SMK. Dia mengingatkan sejumlah risiko bagi lulusan SMP yang sembarangan melanjutkan sekolah. Misalnya, lulusan SMP yang tidak mempunyai potensi bakat-minat ke jalur akademik sampai perguruan tinggi, tetapi memaksakan diri masuk SMA, dia tidak akan lulus UN karena sulit mengikuti pelajaran di SMA, tetapi  tanpa lulus UN mustahil bisa sampai perguruan tinggi.

 

15.    Sebagian anak Indonesia belum dapat menikmati kebahagiaan masa kecilnya. Pernyataan demikian pernah dikemukakan oleh seorang pakar psikologi pendidikan Sukarton (1992) bahwa anak-anak kecil dibawah 15 tahun sudah banyak yang dilibatkan untuk mencari nafkah oleh orang tuanya. Hal ini dapat dilihat masih banyaknya anak kecil yang mengamen atau mengemis di perempatan jalan atau mengais kotak sampah di TPA, kemudian hasilnya diserahkan kepada orang tuanya untuk menopang kehidupan keluarga. Lebih-lebih sejak negeri kita terjadi krisis moneter, kecenderungan orang tua memperkerjakan anak sebagai penopang ekonomi keluarga semakin terlihat dimana-mana.

Paragraf tersebut adalah paragraf .....

A.    Persuasif

B.     Argumentatif

C.     Deskriptif

D.    Naratif

E.     Eksposisi

 

16.    (1). Majalah

(2). Buku cerita

(3). Buku pelajaran

(4). Koran

(5). Internet

Yang merupakan sumber bacaan paragraf argumentatif adalah ...

A.    (1), (2), (3)

B.     (2), (4), (5)

C.     (1), (4), (5)

D.    (1), (3), (4)

E.     (2), (3), (5)

 

17.    Tujuan teks paragraf argumentasi adalah ....

A.    Memberikan alasan yang kuat terhadap sesuatu hal dan membuat pembaca terpengaruh.

B.     Menghibur pembaca

C.     Menceritakan pengalaman

D.    Mendeskripsikan sesuatu

E.     Mengajak pembaca melakukan sesuatu

 

18.    (a). Susunlah kerangkan paragraf yang akan dibuat

(b). Kembangkan kerangka tersebut menjadi paragraf

(c). Daftarlah topik-topik pendapat yang dapat dikembangkan.

(d). Anda dapat menggunakan kata penghubung antarkalimat (oleh karena itu, dengan demikian, oleh sebab itu, dan lain-lain)

Susunan urutan langkah-langkah membentuk paragraf argumentasi adalah .....

A.    (a), (b), (c), (d)

B.     (c), (d), (a), (b)

C.     (c), (d), (b), (a)

D.    (a), (b), (d), (c)

E.     (c), (a), (b), (d)

 

19.    Ciri-ciri paragraf argumentasi adalah sebagai berikut, kecuali ...

A.    Menjelaskan pendapat agar pembaca yakin.

B.     Memerlukan fakta untuk pembuktian berupa gambar/grafik, dan lain-lain.

C.     Bersifat mengajak

D.    Menggali sumber ide dari pengamatan, pengalaman, dan penelitian

E.     Penutup berisi kesimpulan

 

20.    Yang termasuk ciri-ciri paragraf argumentasi adalah ....

A.    Penjelasan dalam paragraf argumentasi disampaikan secara logis

B.     Terlebih dahulu menyebutkan peristiwa-peristiwa khusus

C.     Menceritakan kejadian dahulu

D.    Bersifat mengajak pembaca

E.     Mendeksripsikan sesuatu.


 

0 Post a Comment:

Posting Komentar