Yang Muda Yang Berinvestasi Saham

Yang Muda Yang Berinvestasi Saham

 

 

Bagi Anda yang baru mengenal dunia saham, tentunya ada keraguan jika hendak melangkah. Bagaimana cara memulainya? Bagaimana jika rugi? dan tentunya banyak sekali pertanyaan yang belum tentu orang terdekat Anda bisa menjawabnya.

 

Untuk menjawab ribuan pertanyaan yang ada dipikiran Anda sekalian, maka Anda harus dan wajib membaca tulisan ini agar keraguan Anda bisa terjawab dengan lebih jelas dan Anda siap memulai investasi Saham, karena kini saatnya yang muda yang berinvestasi saham.

 

Doa penulis untuk anda yang setia membaca tulisan ini “Muda kaya raya, Tua Bahagia, Mati Masuk Surga” Aamiin ya Robbal Alamin.

 

Yuk kita kenalan dengan investasi saham!




 

Apa itu investasi Saham?

Investasi saham adalah penanaman modal dalam bentuk penyertaan sejumlah dana oleh seseorang atau badan usaha yang mana melalui instrumen tersebut mereka memiliki klaim atas aset dan penghasilan perusahaan serta berhak menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

 

Keuntungan yang diperoleh pemegang investasi saham biasanya berupa laba atas modal awal yang disetorkan beserta peningkatan ekonomi bisnis tersebut. Dengan demikian, kinerja perusahaan akan mempengaruhi untung ruginya investor.

 

Setelah mengetahui pengertian investasi saham, Anda juga perlu mengetahui tujuan investasi saham, agar lebih mantap untuk berinvestasi saham.

 

Apa Tujuan Investasi Saham?

Tujuan tiap orang ketika menanamkan modal pada perusahaan biasanya berbeda-beda sesuai target yang ingin mereka capai. Nah, tujuan investasi saham adalah sebagai berikut.

1.     Untuk mengembangkan aset karena modal yang kita setorkan akan dikelola perusahaan sehingga memungkinkan untuk terus berkembang.

2.     Menyiapkan dana untuk tujuan tertentu di masa depan.

3.     Mencari penghasilan jangka panjang.

4.     Modal pengembangan usaha.

 

Nah, bagaimana dengan ulasan tujuan investasi saham yang penulis jabarkan? Menarik bukan? Jika masih ada keraguan Anda bisa membaca lagi lanjutan ulasan penulis di bawah ini.

 

Apa Manfaat atau Keuntungan Investasi Saham?

Investasi saham adalah salah satu kegiatan penanaman modal yang menjanjikan return cukup tinggi. Beberapa keuntungan lain bagi investor yakni sebagai berikut.

 

1.     Dapat Dijalankan Secara Fleksibel

Kemudahan yang akan Anda dapatkan melalui investasi saham adalah pengoperasiannya dapat dilakukan secara online, mulai pembelian hingga penjualan sehingga tidak akan mengganggu pekerjaan utama.

 

2.     Potensi Capital Gain

Manfaat investasi saham adalah potensi capital gain berupa keuntungan dari selisih antara harga jual dengan harga beli. Biasanya, makin banyak dana diinvestasikan, makin besar pula potensi capital gain yang bisa diperoleh.

 

3.     Dividen Saham

Keuntungan selanjutnya dari investasi saham adalah investor akan memperoleh pembagian dividen, yakni laba sesuai banyaknya modal yang ditanamkan.

 

Menarik bukan, ulasan yang penulis jabarkan terkait manfaat atau keuntungan berinvestasi saham?

 

Apa Risiko Berinvestasi Saham?

Selain memberikan potensi keuntungan besar, investasi saham juga memiliki risiko. Salah satunya adalah potensi kerugian akibat pergerakannya sangat fluktuatif sehingga harga jualnya dapat merosot sewaktu-waktu.

 

Risiko lainnya dari investasi saham akan muncul ketika perusahaan bangkrut menurut putusan pengadilan sehingga harus dilikuidasi. Saat itu terjadi, pemegang saham biasa hanya akan mendapat sisa harta perusahaan setelah semua kewajibannya dilunasi. Kecuali apabila Anda memegang predikat sebagai kreditur preferen.

 

Selain itu, risiko lainnya adalah ketika perusahaan mengalami delisting atau dihapus dari bursa saham oleh BEI sehingga investor harus menjual semua sahamnya tidak peduli meskipun nilai jualnya sedang turun.

 

Apa Jenis-jenis Investasi Saham?

Pembagian jenis investasi saham didasarkan pada sektor bisnis suatu badan usaha. Sejauh ini, Bursa Efek Indonesia telah mencatat setidaknya terdapat 711 perusahaan yang telah mendaftarkan sahamnya. Secara umum, mereka terbagi menjadi 9 sektor sebagai berikut.

1.     Mining

2.     Chemicals and Basic Industry

3.     Agrikultur

4.     Miscellaneous industry

5.     Property, real estate, and building construction

6.     Consumer goods industry

7.     Finance

8.     Infrastructure, utility, and transportation

9.     Trade, service, and investment

Selain itu, jenis investasi saham dibagi dalam kategori biasa dan preferen. Pada saham biasa, Anda akan memegang kepemilikan atas perusahaan yang dinyatakan dalam lembaran surat berharga.

 

Adapan investasi saham preferen memberikan kedudukan prioritas yang dimiliki pemegangnya dalam hal pembagian dividen. Selain itu, Anda juga berkesempatan mendapat hak terkait penentuan kebijakan perusahaan tersebut.

 

Rekomendasi Aplikasi untuk Berinvestasi Saham

Kalau penulis sih lebih percaya dengan SFAST, kenapa harus memakai SFAST? Berikut penulis jabarkan alasannya mengapa harus memakai aplikasi SFAST.

1.    Aman

SF Sekuritas terdaftar dan diiawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia dan memiliki izin pialang saham melalui SK OJK No. KEP-64/D.04/2018 dan izin penjamin emisi melalui SK OJK No. KEP-42/D.04/2019.

 

2.    Terpercaya

SF Sekuritas merupakan bagian dari group usaha PT Surya Fajar Capital Tbk. (SF Capital), sebuah perusahaan terbuka yang bergerak di bidang investasi dan konsultasi manajemen dan tercatat pada Bursa Efek Indonesia. Setiap aksi korporasi dari SF capital maupun anak usahanya dapat dipantau dan wajib mengikuti aturan yang berlaku di pasar modal.

 

3.    Dukungan Berpengalaman!

SF Sekuritas diisi oleh manajemen proffesional yang telah memiliki pengalaman panjang dan rekam jejak yang menyakinkan di dunia keuangan, khususnya investasi dan pasar modal. Dukungan yang kuat dari berbagai lini/departement terbukti mampu dalam waktu singkat membawa SF Sekuritas menjadi pemain papan atas, hal ini dibuktikan dengan diperolehnya izin perdagangan marjin dan penjaminan emisi hanya dalam waktu kurang dari 12 bulan sejak SF Sekuritas resmi beroperasi.

 

Bagaimana Cara Mendaftar SFAST?

Hanya dengan 3 langkah mudah Anda dapat memulai investasi pertama Anda.

Langkah 1 – Daftar Akun

Anda cukup datang ke kantor kami atau menghubungi layanan pelanggan kami, selanjutnya kami akan mengirimkan formulir pembukaan rekening untuk Anda lengkapi dan kembali ke kami. Selanjutnya kami akan membantu proses pembukaan rekening anda.

 

Langkah 2 - Deposit

Anda cukup mendepositkan dana/saham ke dalam rekening Anda (rekening efek atau rekening dana nasabah), untuk mengaktifkan akun Anda.

 

Langkah 3 – Mulai Trading

Anda dapat mulai bertransaksi secara langsung segera setelah rekening efek Anda aktif atau dapat juga menghubungi dealer kami untuk berdiskusi atau meminta rekomendasi ahli.

 

Anda juga melakukan tranding dengan SFAST di smartphone Anda. SFAST bisa di download atau unduh DI SINI

 

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa investasi saham adalah jenis instrumen yang cukup menjanjikan return tinggi namun risikonya juga cukup besar. Dengan demikian, Anda harus mempertimbangkan tujuan, cara kerja, dan buat pertimbangan secara bijak ketika menggunakannya.

 

Jika Anda telah mantap dan yakin akan berinvestasi saham, penulis doakan semoga Anda menjadi pengusaha yang sukses. Yang terpenting terus berusaha dan jangan lupa berdoa.

Semoga berhasil!

 

“Muda Kaya Raya, Tua Bahagia, Mati Masuk Surga.”

“Yang Muda Yang Berinvestasi Saham”


0 Post a Comment:

Posting Komentar