TRIALOG: “MENYAN PEMBEBAS”
Sebuah Drama Pendek tentang
Akuntansi Kritis Indonesia Pengarah:
Aji Dedi Mulawarman
Penulis Naskah: Ari Kamayanti (Durasi 15-20 menit)
Di
sebuah teras rumah tampak seorang laki-laki paruh baya (Bejo)mengeluarkan
sebuah wadah, menyalakan kemenyan lalu duduk sambil mengipas-ngipas diri.
Bejo:
mantap! Malam-malam kayak gini, hawa dingin, semerbak harum, sepi pula! (mulai
menyanyi) liiir iliiir... liiir iliir...
tandure wis sumilir... tak ijo royo royo...
Masuk Fred,
tetangga Bejo, langsung menyapa:
Fred :
Weleh-weleh... malam-malam manggil setan apa to Mas? Pakai menyan segala! Bejo : Iya kayaknya, buktinya setannya langsung datang!
Fred : Wasem kowe Mas!
Bejo terkekeh dan mempersilakan Fred duduk.
Bejo : La kamu ya aneh...
mosok orang mbakar menyan itu langsung diasosiasikan sama setan! Demit! Gimana
itu ceritanya? Itu tuh sama kayak kalau orang Barat bilang biarawati itu
relijius, sedangkan muslimah yang sama-sama pakai penutup aurat dibilang opresi
terhadap jender, dan terorisme!
Fred: Lhaa... wong ini cerita menyan kok bisa nyambung ke jender
segala, To! [jeda sebentar saat Fred memerhatikan Bejo]
Fred : aku ini
orang Islam.. Pernah ke Mekah sana.. Di Arab sana itu gak ada menyan-menyanan
Jo.. sholat yang bener kalau mau tolak setan.. ngaji Quran...
Bejo : Laa.. kamu yang salah. Wong saya dapat menyan ini
juga dari Arab. [dengan fasih kearab- araban] Allahu jamilun yuhibbul JAMAL...
Allah itu suka yang indah, bersih, wangi... Orang Arab juga bakar menyan Fred..
menyan Arab. Wanginya membersihkan jiwa
Bejo terkekeh..
Bejo: santai-santai, Fred... ngopi dulu aja ya... biar hati
adem... Ti..Siti.. ini ada Pak Fred, buatin kopi buat Bapak sama Pak Fred,
nduk...
Dari
dalam rumah (pintu rumah terkuak sedikit), lalu ada teriakan Siti, membuka
pintu sebentar, terlihat sedang memakai mukenah, “Nggih Pak, sebentar”
Fred : Ngomong-ngomong, anakmu Siti dah mau
lulus ya Mas?
Bejo : Iya, bentar lagi.. lagi
nyusun tesisnya. Akuntansi Kritis katanya, tapi ya itu kayaknya masih bingung.
Kamu kan lulusan akuntansi dari mana? Brokoli?
Watugong?
Fred : Berkeley!
Watugong? Maksude opo? Bejo :
Itu lo yang di Ostrali- Watugong?!
Fred : Wollongong! Halah!!
Bejo : Heheh Lak
mirip to yo..... ojo ngamuk to... bercanda ini.. habis kamu tegang banget sih.
Siti datang sambil menyuguhkan kopi
Bejo : Duduk sini dulu Ti, ini
lo Pak Fred mau nanya-nanya tentang tesismu Siti : Tanya apa Pak Fred?
Fred : Ya kamu
nulis tentang apa, Ti? Akuntansi apa tadi kata Bapakmu... akuntansi kritis? Apa
terus koma, terus mati gitu kalau sudah kritis??
Siti :
Hehehe... Pak Fred bisa aja... saya malu ah kalau cerita, saya gak ada
apa-apanya sama Bapak. Pak Fred kan lulusan luar negeri.
Bejo : he eh..
Brokoli... Siti : Berkeley Paaaak....
Bejo : kok iso isin... kok bisa malu memang sekolah di Indonesia jadinya
lebih jelek apa dari Luar
Negeri?
Mental kok ORIENTALIS gitu! Ngerti apa itu orientalis? Ya kayak kamu itu..
mikir kalau kita Indonesia , Asia Lebih buruk daripada Barat. Kamu itu sekolah
di Brawijaya, itu dah paling apik nek jare Bapakmu iki.. La Pak Fred iki
lulus-lulus DADI KULI...
Fred : Lo aku
iki akutan publik KAP ternama. Afiliasi dari Big FOUR. Kamu ahli menyan mosok
ngerti BIG FOUR! Wong tukang demit, tukang setan ....
Bejo : ya kuli
kan kerjaannya disuruh suruh terus dibayar orang. Budhal kerja jam piro? Fred : 7 pagi
Bejo : pulang?
Fred : jam 9
malam, kadang malah jam 3 pagi tergantung kerjaan beres (mengatakan dengan
bangga).
Bejo : lhaa malah luwih parah teko kuli. heheheh
Fred : ya gak gitu lah Mas.. itu lak persepsimu...
Bejo : bener.. persepsiku. Sama itu, artinya
menyan adalah alat panggil setan juga persepsi.
Siti : saya pamit dulu kalau begitu Pak
(sambil beranjak pergi)
Bejo : lhaa kok
malah Siti sing mutung... hehe tunggu dulu Ti.. cerita dulu... Siti : Habis Bapak berdua rame sendiri.
Bertengkar terus!
Fred : Walah
kayak gak ngerti aku dan bapakmu aja. Kita ni dah teman karib, ya gini ini
kalau ngobrol... biasa... tambah rame tambah
seru.
Siti :Ya tesis saya tentang
penting dilakukan pembebasan atas akuntansi. Akuntansi itu saat ini sangat
materialistik dan mendukung kapitalisme. Jadi saya mau membedah itu apa yang
menyebabkan akuntansi ini materialis dan bagaimana caranya merubah akuntansi
menjadi lebih spiritualis relijius.
Begitu pak Fred.
Fred : spiritualis relijius! Walah bapak sama
anak sama aja kelakuannya!
Bejo : heheh..
naik pangkat aku, Ti! Tadi dibilang tukang demit, sekarang spiritual
relijius... matur nuwun...
Fred : (mengabaikan) La terus metodenya gimana
itu nanti Ti? Pakai statistik yang kayak gimana?
Siti : ya... ndak pakai
statistik, Pak Fred. Saya mau pakai teori kritis. Ini yang saya lagi bingung.
Dosen saya bilang pakai Marxisme atau Feminis aja. Tapi gimana ya... masih bingung...
Fred : Hus... jangan bilang marxisme... saru!
Nanti dikira PKI... (sambil berbisik)
Bejo : Jaman gini dah gak ada
yang percaya lagi sama PKI, Mas. Yang dipercayai malah menyan- eyang Subur,
twitter-an... dapat pacar pendangdut untuk mengurangi kontroversi hati dan
harmonisasi dan statusisasi
Fred : Ngomong opo to yo Mas...
Bejo : Exactly
(sok keminggris)... orang sekarang itu lebih percaya sama yang gak jelas gitu.
Wis wis... lanjut Ti...
Siti : ya itu tadi
Pak...dilema dilema... Marxis atau Feminis... Marxis kan sosialis, kalau
sekarang akuntansi dipandang dalam kerangka kapitalisme, ya pakai Marxis bisa.
Sedangkan Feminisme berbicara pada tataran pembebasan dari jerat maskulinisme.
Jelas kalau akuntansi berkutat pada akal dan raisionalisme itu adalah
maskulin...jadi teori kritis Feminisme bisa juga dipakai buat membebaskan
akuntansi yang ada saat ini.
Bejo saat Siti menjelaskan panjang lebar, bangkit dan mengipasi
menyan-nya . Asap semakin menebal dan membumbung tinggi.
Fred : Haduh
iki... kurang banyak apa setannya? Kok dikipasi lagi... (Bejo malah mengipasi
ke arah Fred)
Bejo : Nduk... Teori yang
digunakan kan nanti dipraktikkan. (Sambil terus mengipasi menyan ke arah Fred,
sedangkan Fred sibuk menghalau asap). Kamu bicara Teori Gravitasi, ya dibuat
praktik bikin pesawat. Teori bola dan coklat juga dipakai di pasar modal...
Siti : Bola dan coklat? Maksudnya?
Bejo : la kapan
itu pas kamu cerita... Ball and Brown.... (duduk kembali di kursi tamu)... Nah
itu ya kayak menyan ini. Aku bakar menyan ini adalah praktik, apa teori yang
mendasarinya? Kalau kata Bung Fred di sini, ya teori demit- menurut dia (sambil
menunjuk Fred). Artinya dia mengasumsikan bahwa aku percaya sama keberadaan yg
gaib. Bener aja kan? Daripada g mau ngakui Tuhan... Tuhan ya gaib.
Padahal
sebenarnya bukan itu. Wangi ini membuat hati damai... hati ku damai, aku bisa
berinteraksi dengan Tuhanku lebih baik- spiritualitas relijius ya ada. Artinya
kalau kamu pakai teori Marxis atau Feminis, ya ... kamu percaya bahwa pasti ada
kepercayaan di balik itu... istilah kerennya ONTOLOGI dari teori itu sendiri.
Kalau model Marxis atau Feminis kan ya apa kira-kira kepercayaan yang melandasi
itu?
Fred : Ya Siti ini feminis! Menolak pria... Gak
usah kawin kalau gitu Ti.
Siti : Yaa..
itu juga bagian dari asumsi beberapa aliran feminis sih Pak Fred. Tapi
sebenarnya ada satu tema besar diantara Marxis maupun Feminis yaitu
pemberontakan terhadap keterkungkungan.
Fred : tanpa spiritualitas relijiusitas to?
Bagusnya itu gak pake gitu-gituan- empiris dan obyektif aja.
Siti : Ya. Tanpa
spiritualitas relijiusitas Pak. Yang penting itu menggantikan kekuasaan yang
ada dengan yang lebih baik. Yang lebih pro kaum lemah atau proletar kalau kata
Marxis dan lebih pro wanita kalau kata Feminisme.
Fred :
Bagus itu tanpa spiritualitas relijiusitas. Tau gak spiritualitas itu sekarang
[bisik bisik...] identik dengan NAM- NEW AGE MOVEMENT- bahayaaaa Viiii
bahayaaaaa.... Kadang
masalah orang terjajah
atau terkungkung
atau apalah... itu semua hanya dalam otak.. pikiran..
Bejo : kalau semua orang
Indonesia kayak kamu, yang namanya 17 Agustus ra ono—ngerti? Gak ADA! Dah
dijajah bangga dan gak ngerasa lagi............. Gik kok alergi banget sih
sama spiritualitas relijiusitas?
Ndak pernah sholat to? Kamu kan Islam? Fred : Loh.. Sholat dong bro [tepuk dada]...
Bejo : Sholat obyektif—[mengadukan Fred ke
penonton lalu terkekeh]
Bejo : Kalau menurut saya sih. agama, reliji saya dan spiritualitas tidak
bisa dipisah. Agama saya
adalah
spiritualitas saya. Tidak ada ritual agama tanpa spiritualitas—sholat bisa
merasa deket sama Allah, dzikir bisa meneteskan air mata. Agama itu adalah cara
saya menuju puncak spiritualitas relijiusitas saya. Lha.. Siti ini termasuk
makhluk spiritual relijius apa nggak?
Siti : mmm... ya iya Pak...
Bejo : La kalau gitu ya jangan
pakai metode yang TIDAK SESUAI siapa dirimu... Itu namanya GILA.. karena tahu
kaau gak sesuai tetep dipake... Hehehe... la nek Fred ini, biar aja dia gitu..
wis pantes pakai NAM... wis cuocooook dengan siapa dia...
Siti : Kalau
gitu saya pakai metode kritis berbasis spiritualis relijius aja deh Pak.
Tjokroamonoto spiritualis relijius, Tjut Nyak Dien juga feminis spiritualis relijius...
Bejo : Naah pinter.... Ben gak
jadi Boyo Putih... orang Indonesia yang gak bangga sama kulit sendiri.. malah
pupuran bedakan biar kayak Belanda.
Fred beranjak....
Fred : Dah deh.. mau pulang aja.. Bejo dan
Siti--- kayak Bapak kayak Anak...
Bejo : hehe...
ya sana.. yang ngundang kamu ke sini ya siapa.. Datang tak diundang.. pulang
tak diantar, Fred.... Wis pulang sana..
Fred : [Sambil menghilang dari panggung]... iyaaa. biar gak
telat nguli besok.
Bejo : Yuk Ti... masuk ke rumah...
Siti : nggih Pak.. lha menyannya? Nggak
dimatikan Pak?
Bejo : Nggak usah banyak
setan di sini [ambil menuding ke arah penonton]
[Selesai..
semua pemain keluar. Encore-
Aplaus]
0 Post a Comment:
Posting Komentar