Pemanfaatan Internet of Things Bagi Kehidupan Manusia dengan Menggunakan Matador Tracker dari Widya Matador

Pemanfaatan Internet of Things Bagi Kehidupan Manusia dengan Menggunakan Matador Tracker dari Widya Matador


Belakangan ini istilah IoT atau Internet of Things ramai dibicarakan, seiring berkembangnya zaman di era revolusi industri 4.0 sekarang ini, peradaban manusia dimudahkan dengan hadirnya teknologi. Internet of Things bukanlah hal yang baru dikehidupan manusia. Istilah Internet of Thing dikenalkan pertama kali pada tahun 1999 oleh Kevin Ashton, seorang Direktur Auto ID Centre dari MIT. Bahkan Kevin Ashton menyebutkan bahwa IoT mempunyai potensi untuk mengubah dunia layaknya internet bahkan bisa lebih baik lagi.



Internet of Things mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kehidupan manusia, bahkan dewasa ini kota-kota di Indonesia juga sudah menerapkan Internet of Things untuk menata pengelolaan kota agar menjadi lebih baik dan terkendali, sebut saja Kota Bandung yang kala itu di prakarsai oleh Wali Kota Bandung Bapak Ridwan Kamil yang memperkenalkan Kota Bandung sebagai kota Smart City.


Istilah Smart City muncul karena Kota Bandung memanfaatkan IoT (Internet of Things) sebagai sistem yang membantu pengelolaan kota menjadi lebih baik dan lebih teratur. Hal ini tentunya bisa membantu memudahkan peran dan kinerja manusia untuk mengelola sebuah kota yang sangat kompleks. Peran IoT (Internet of Things) ini tentunya bisa bekerja selama 24 jam non stop, dibandingkan dengan kinerja manusia yang memiliki batas maksimal kemampuan.


Pemanfaatan IoT (Internet of Things) lainya adalah adanya Jakarta One Card  yang mempunyai banyak fungsi dan tentunya memudahkan manusia untuk menjalani kehidupan di era revolusi industri 4.0 pada seperti sekarang ini.  Jakarta One Card ini selain menjadi kartu identitas juga bisa menjadi alat pembayaran belanja dan layanan BPJS. Pemerintah DKI Jakarta dan Bank DKI bekerja sama memproduksi Jakarta One Card ini untuk diaplikasikan pada kehidupan masyarakat untuk berbagai kebutuhan. Cara ini lah yang seharusnya dicontoh pemerintah pusat untuk memaksimalkan fungsi e-KTP agar menjadi smart card, hanya dengan satu kartu bisa digunakan multi fungsi.


Bukan hanya dilingkungan pemerintah saja, Internet of Things juga bisa implementasikan di kehidupan sehari-hari terutama rumah tangga. Penggunaan Internet of Things dalam rumah tangga biasanya mulai dari pemakaian lampu rumah yang menggunakan sistem timer  hingga pintu yang bisa membuka sendiri hanya dengan suara (voice).


Seperti yang dikatakan oleh pencetusnya, Internet of Things sangat berpotensi mengubah dunia layaknya internet bahkan bisa lebih besar lagi nampaknya bukanlah hal yang mustahil. Biasanya kita bisa melihat pemanfaatan Internet of Things  di televisi terlebih dalam film bergenre fiksi yang diproduksi oleh negara-negara luar, kini pemanfaatan Internet of Things bisa kita lihat dan nikmati secara langsung di negara kita tercinta ini.


Di era sekarang ini banyak sekali perusahaan-perusahaan di dunia yang mengembangkan teknologi IoT (Internet of Things) salah satunya berada di Indonesia, nama perusahaan itu ialah Widya Matador. Widya Matador ialah Perusahaan Teknologi yang mengembangkan produk dan layanan berbasis IoT  (Internet of Things) untuk memberikan solusi bagi bisnis maupun kehidupan sehari-hari.


Widya Matador telah berperan besar atas kemajuan teknologi di Indonesia salah satunya di bidang transportasi. Salah satu contoh teknologi yang membuat penulis terkesan adalah Matador Tracker, dengan Matador Tracker kita diberikan kemudahan serta catatan bagaimana kendaraan dioperasikan sampai catatan kesehatan armada, sehingga perusahaan dapat meminimalisir kerusakan atau hal-hal yang tidak di inginkan dari armada. 


Matador Tracker juga dapat mendeteksi Pengemudi dengan menambahkan bluetooth yang terintergerasi dengan handphone driver, sehingga dapat mendeteksi siapa driver secara realtime (nyata). Untuk Anda yang mempunyai bisnis dibidang transportasi tentunya sangat penulis rekomendasikan untuk menggunakan fitur Matador Tracker. Matador Tracker menghadirkan solusi bisnis meski harga BBM meningkat. Dengan fitur fuel estimation report, akan memberikan  informasi bagaimana kendaraan anda dikemudikan. Selain itu kelebihan menggunakan fitur ini adalah Anda bisa melacak dan pantau reltime, mematikan mesin dari jarak jauh, memantau history perjalanan, live notification, dan bisa mereport penggunaan bahan bakar.


Pemanfaatan Internet of Things diharapkan dapat membantu pekerjaan manusia dan mengubah dunia menjadi lebih baik. Kini sudah saatnya bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar dan dihargai di mata dunia dengan kemajuan teknologinya.

0 Post a Comment:

Posting Komentar